Jumat, 13 Mei 2011

IPAD vs Playbook

BlackBerry Playbook yang resmi diperkenalkan baru-baru ini oleh Research In Motion (RIM) memiliki sejumlah perbedaan fitur dan spesifikasi dari iPad yang disebut-sebut sebagai pesaing utamanya di segmen tablet.

Dimensi dan bobot BlackBerry Playbook lebih kompak dibandingkan dengan Apple iPad. Walaupun sama-sama berbobot di bawah 1 kg, iPad berbobot 0,68 kg–0,73 kg, sedangkan Playbook hanya 0,4 kg. Playback juga lebih kecil, yakni berukuran 130mm x 193mm x 10mm dengan layar 7 inci dibandingkan dengan iPad 242.8mm x 189.7mm x 13.4mm.

“Begitu digenggam langsung terasa pas di tangan Anda,” kata Mike Lazaridis, President and Co-CEO RIM.

Playbook mendukung sepenuhnya platform Adobe Flash Player 10.1 yang banyak digunakan untuk aplikasi multimedia dan games secara interaktif. Sebaliknya, Apple melalui sebuah surat terbuka pernah mengumumkan tidak mendukung Adobe Flash untuk iPad dan iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS.

Dua buah kamera digital 3 megapiksel (MP) di depan dan 5 MP di belakang, melengkapi fitur multimedia Playbook dengan kemampuan video conference, komponen dan fitur yang tidak ada pada iPad.

Selain itu, walaupun sama-sama digerakkan oleh prosesor berkecepatan 1 GHz, kapasitas RAM Playbook mencapai 1 GB dibandingkan dengan iPad 256MB.

Namun demikian, kapasitas harddisk, daya tahan baterai, dan harga Playbook belum diketahui. Adapun, iPad memiliki daya tampung sampai 64 GB dengan baterai yang tahan sampai 10 jam pengoperasian.

Kendati memiliki sejumlah fitur hiburan multimedia, RIM memposisikan Playbook bagi segmen bisnis dengan kemampuan integrasi dengan sistem-sistem enterprise dan aplikasi bisnis dari Microsoft, IBM, Oracle, dan SAP melalui platform WebWorks dan Blackberry Enterprise Application Middleware(BEAM).



keterangan: terdapat kalimat penalaran analogi (membandingkan IPAD dengan BlackBerry Playbook).

sumber: http://forumponsel.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar