Selasa, 28 September 2010

Keterkaitan dan Implementasi Grafik Komputer, Pengolahan Citra dan Game Online

Pengertian Grafik Komputer
Grafik Komputer, adalah:
a. tampilan pada sebuah komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suatu citra pada tampilan tersebut.
b. bagian atau cabang dari ilmu komputer yang berhubungan dengan memanipulasi dan pembuatan gambar(visual) secara digital.
c. bidang studi yang mempelajari cara pembuatan dan memanipulasi gambar dengan menggunakan objek-objek primitif, seperti titik, garis, kotak dan sebagainya.
Grafik komputer mempunyai beberapa bagian, yaitu: geometri, animasi, rendering dan citra.
Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola.

Pengolahan Citra

Berkaitan dengan teknik-teknik untuk modifikasi dan intepretasi citra, meningkatkan kualitas citra sehingga menjadi lebih jelas, analisis citra, dan mengenali pola-pola visual yang ada dalam suatu citra.

Teknologi Game OnlineMerupakan aplikasi yang menggunakan komputer grafis dan melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi game ini banyak beredar dipasaran dari yang sederhana (2D) seperti tetris dan yang mulai rumit (3D) yang memerlukan resource banyak.

Keterkaitan dan Implementasi

Ketiga unsur diatas, yaitu Grafik Komputer, Pengolahan Citra, dan Teknologi Game Online saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Pembuatan suatu game tidak terlepas dari penggunaan grafika komputer, misalnya jika ingin membuat animasi dengan cara yang ditentukan atau menurut satu kumpulan aturan. Sedangkan pengolahan citra pada game digunakan untuk memberi pewarnaan yang baik agar tidak merusak sensor mata pada manusia.



sumber: wartawarga.gunadarma.ac.id, nadhiadisiini.blogspot.com, galih90.blogspot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar